Minggu, 17 Februari 2019

Riset kata kunci dengan ubersuggest keyword tool dari Neilpatel



Jujur sebenarnya saya malu menulis konten seperti ini sebab status blog saya yang baru beberapa bulan ini saya kelola belum tentu benar dalam membuat artikel serta judul yang pas, hanya ada beberapa yang page one google, tapi tidak apa-apa siapa tau bermanfaat. Sebenarnya Cara riset kata kunci dengan ubersuggest keyword tool dari Neilpatel ini pernah beberapa kali saya gunakan dan sempat sedikit mendongkrak blog ini sebelum blog ini saya jadikan ternak adsense, setelah saya menyadari ternak adsense menggunakan blog utama itu adalah kesalahan yang sangat fatal jadi saya serasa seperti baru membuat blog baru lagi jika ingin konsen mengurus blog ini lagi, padahal dulu dengan Cara riset kata kunci dengan ubersuggest keyword tool dari Neilpatel di blog ini sudah lumayan, semenjak gara-gara ternak adsense dan berganti domain sampai 7x sehingga blog saya serasa seperti deindex oleh google, akan tetapi tips Cara riset kata kunci dengan ubersuggest keyword tool dari Neilpatel kali ini mungkin berguna bagi anda yang baru belajar seperti saya.

Ubersugget keyword Tool


Untuk para mastah yang memiliki blog-blog yang nangkring di halaman pertama google pasti sudah tidak asing lagi dengan Cara riset kata kunci menggunakan ubersuggest keyword tool, Google keyword planner, Moz dan banyak lagi cara mengsetting SEO pada blog mereka yang hebat tersebut sehingga tidak diragukan lagi situs mereka selalu nangkring walau kadang tanpa baclink sekalipun.

Tapi meriset keyword bagi kita yang masih awam dalam sebuah pengelolaan blog dan marketing memang sangat membingungkan, kadang kita sudah benar langkahnya akan tetapi kadang sedikit tergoyah lagi karena kebingungan kita yang secara langsung hanya bermodal bacaan dari google saja karena kita terlalu banyak membaca teknik yang berbeda.

Blogger dan bisnis online lainnya wajib untuk me-riset keyword agar blog atau situs website kita dan juga mereka bisa nangkring di halaman google akan tetapi semua itu tidak mudah.

Riset keyword dengan cara pancarian kata kunci yang tepat sangat penting untuk dilakukan bagi semua para pemilik website, tentunya bertujuan untuk meningkatkan traffic dan penjualan dan pentingnya riset keyword disini adalah sebagai peranan penting dari sebuah tool yang sangat kita butuhkan untuk memudahkan kita dalam melakukan pancarian sebuah keyword.

Untuk Riset keyword yang biasa saya lakukan adalah menggunakan aplikasi UberSuggest Dari neilpatel.com dan juga google keyword planner dan keduanya hampir sama hasil dari keywordnya, akan tetapi bagi saya google sedikit lebih rumit dan tidak segampang Ubersuggest free keyword tool dari neilpatel.

Riset keyword Menggunakan UberSuggest


UberSuggest merupakan salah satu alternatif selain Google Keyword Planner, UberSuggest karya Neil Patel ini merupakan aplikasi penyaran kata kunci, data rujukan yang berasal dari Google dan mesin pencari lainnya, dan UberSuggest neilpatel ini juga menunjukkan situs mana saja yang nangkring di google yang ada dalam keyword yang anda riset tersebut.

UberSuggest ini menawarkan kata kunci dengan huruf atau angka didepannya, tujuannya berguna untuk menguji kata kunci ekor panjang (Longtail keyword) dan tentunya membantu pencarian kata kunci yang cocok untuk niche kamu. Walaupun UberSuugest ini digunakan secara gratis tapi untuk keakuratan dalam pencarian kata kunci tidak jauh beda dengan hasil dari situs berbayar lainnya.

Cara Menggunakan UberSuggest untuk Riset Keyword [GRATIS]

Langkah pertama kunjungi halaman di situs neilpatel yaitu https://neilpatel.com/ubersuggest/

Ganti bahasa ke bahasa indonesia jika kamu membidik pasar indonesia, ketikkan keyword (kata kunci) yang ingin kamu riset, lalu klik search untuk melihat hasil pencarian.

Contoh: disini saya mulai mencoba riset kata kunci "Cara membuat Nasi Goreng"


NB: Gambar mungkin terlihat kurang jelas karena saya memakai smartphone, karena settingan gambar di blog ini jika memakai HP memang kurang maksimal.

Setelah data pencarian kata kunci muncul dapat kita lihat dengan jelas pada gambar terdapat banyak ide kata kunci baru yang bisa kita gunakan.

Untuk jumlah volume pencarian rata-rata perbulan mendapatkan hasil sebanyak 200 pencarian, untuk pencarian kata kunci "cara membuat nasi goreng" sebanyak 2400 pencarian.
Dan CPC yang lumayan mahal yaitu sekitar 1.800 rupiah.

Dari data yang di tampilkan pada gambar di atas dapat kita perluas lagi dengan mencoba ide kata kunci baru untuk kata kunci yang kamu inginkan, data-data ini bisa kamu simpan dalam bentuk file CSV setelah terunduh kamu bisa sortir lagi di MS Excel untuk kata kunci yang kamu targetkan.

Riset keyword menggunakan Google

Anda juga bisa secara manual mencari kata kunci dengan menggunakan google, cara ini juga sama seperti saat anda menggunakan Ubersugest keyword dari neilpatel.

Di halaman awal google di kotak pencarian saya coba mengetik:
"Cara membuat nasi goreng"


Lihat di gambar, banyak sekali saran keyword dari google untuk kata kunci "Cara membuat nasi goreng", dari saran kata kunci tersebut itu bisa juga anda gunakan untuk keyword atau judul artikel yang akan anda posting.

Menggunakan kata kunci turunan di footer Google.

Saat anda meriset manual menggunakan saran google, anda juga bisa menggunakan kata kunci turunan yang ada di footer google atau hasil saran dari keyword yang anda ketik manual tadi saat anda pertama riset keyword dan google menyimpan saran kata kunci turunan tersebut di footer google.

Ubersuggert Free keyword tool milik Neilpatel

Kebanyakan orang yang melakukan SEO dan pemasaran konten menggunakan pilihan alat riset kata kunci yang cukup sempit tapi malah berbayar.

Dari sisi yang berbayar dari riset kata kunci, Ada banyak raksasa riset  seperti Moz, SEMrush, dan Ahrefs. Di sisi gratisnya, keywordtool.io (yang juga memiliki versi berbayar), dan Google yang sudah tua dan telah populer yaitu Google keyword planner bisa juga di gunakan secara gratis.

Alat seperti Ubersuggest neilpatel ini akan memiliki banyak peminat, Pemasar dan pakar SEO Neil Patel baru-baru ini mengakuisisi Ubersuggest dan meluncurkannya kembali sebagai bagian dari situsnya. Ubersuggest yang diperbarui sangat menarik data kata kunci dari Google Keyword Planner dan Google Suggest dan hasilnya adalah alat penelitian ini untuk kata kunci yang jauh lebih baik dari google.

Seperti yang saya katakan di awal sebelum saya ternak adsense saya sudah menggunkan Ubersuggest ini, dan kini Saya sangat bersemangat untuk mulai lagi menggunakan Ubersuggest yang diperbarui sekarang ini, jadi mari kita lihat beberapa fitur yang membuat alat baru ini yang gratis dan berpotensi sangat mengagumkan.

Kelebihan meriset keyword dengan ubersugest


Hal pertama yang menonjol bagi saya tentang sugesti baru adalah data volume, disinalah kelebihannya jadi anda bisa membandingkan keyword yang baik untuk artikel anda nantinya.

Perencana Kata Kunci Google secara konsisten telah membatasi jumlah data yang ditampilkan tentang setiap kata kunci, pada satu titik beralih ke menunjukkan rentang volume daripada satu angka. Berbeda dengan neilpatel yang membuat saya sedikit terkejut melihat data yang begitu mudah diakses di sini di ubersuggest free keyword tool milik neilpatel ini.

Jika seseorang mengandalkan sebagian besar pada alat penelitian kata kunci gratis, mungkin sulit untuk mendapatkan perkiraan volume kata kunci yang baik. Ubersugest menyarankan menggunakan alat ini walau gratis tapi setidaknya bisa menyelesaikan masalah itu untuk riset kata kunci.

Ada beberapa perdebatan tentang seberapa akurat angka volume pencarian Google yang di hasilkan neilpatel, tetapi ini sangat berguna untuk beberapa data volume pencarian sebagai panduan bagi anda.

Data volume di Ubersuggest dapat ditarik dari Google Keyword Planner, tetapi dengan tampilan yang lebih sederhana untuk banyak pengguna, saya sendiri masih lebih suka menggunakan Ubersuggest free keyword tool neilpatel ini.

Sekian.
Disqus Comments