Jumat, 03 Agustus 2018

12 Fakta Menarik Mangga Bahkan Pecinta Non Mango Akan Nikmati!




Musim panas pasti sangat populer dengsn buah yang amat sangat lezat ini, Apa lagi kalau bukan mangga
.

Mangga juga dikenal sebagai raja buah-buahan Dikatakan bahwa mangga adalah favorit kaisar Jehangir Musim panas di daerah india, atau haruskah kita katakan musim mangga ada di sana. Sama seperti semua hal legendaris di seluruh dunia, hanya ketika Anda memiliki gigitan keajaiban pulpa dapat Anda memahami hype besar yang mengelilinginya.

Orang India suka mangga mereka semua suka. Dan, cinta itu tidak hanya berakar pada kenyataan bahwa mangga bisa menjadi salah satu buah tertua yang ditanam di benua itu. Ada begitu banyak alasan, mengapa 'raja buah' telah memiliki penikmati penggemar besar yang mengikuti di semua usia, kelas dan berbagai hambatan sosial lainnya.

Dari Alexander Agung sampai Kaisar Mughal Jehangir, obsesi kolektif untuk mangga memiliki banyak kolektor pohon di kerajaan yang bersatu ini, hubungan perdagangan yang membeku, mempengaruhi mitos dan cerita rakyat. Sulit untuk berpikir bahkan satu buah yang bahkan setengahnya sangat populer.

Berikut 10 fakta menarik tentang mangga yang harus diketahui setiap pecinta makanan ini.

1. Mangga adalah salah satu buah tertua yang dikenal di India. Legenda mengklaim bahwa mereka pertama kali tumbuh di India lebih dari 5.000 tahun yang lalu. Sering dikatakan bahwa perbukitan di timur laut India yang bersebelahan dengan Myanmar kemungkinan adalah pusat asal mangga.

2. Mangga sangat penting bagi umat Buddha.
Mereka menganggapnya suci karena Buddha terbiasa beristirahat di kebun-kebun mangga yang subur. Mangga juga dianggap sebagai salah satu hadiah terbaik untuk dipertukarkan satu sama lain. Biksu Buddha juga akan membawa beberapa mangga bersama mereka dalam ekspedisi panjang mereka, mempopulerkan buah.

3. Dikatakan bahwa rasa buah yang kaya dan pulasan juga menarik perhatian Alexander Agung, yang setelah kembali ke Yunani, membawa mangga yang cukup banyak, Mangga adalah salah satu buah budidaya tertua.

4. Di India Selatan, mangga dirujuk sebagai aam-kaay di Tamil, yang menjadi maam-kaay karena banyaknya dialek lokal di selatan. Di suatu tempat di sepanjang garis, itu mulai dirujuk sebagai maanga. Itu adalah orang Portugis yang akhirnya memberikannya nama sekarang 'mangga,' dan mempopulerkannya di mana-mana.

5. Tulisan Hindu dipenuhi dengan cerita rakyat dan legenda seputar mangga. Dalam salah satu mitos tertua, mangga dikatakan sebagai putri dari Sun God Surya. Suatu hari setelah jatuh ke tanah dari pohon mangga. Mangga berubah menjadi putri cantik Surya Bai. Terpesona oleh kecantikan dan rahmatnya seorang raja jatuh cinta padanya dan bersumpah untuk menikahinya. Saat melihat pasangan yang baru menikah, istri pertama raja mengutuk dan mengubah sang putri menjadi abu. Dikatakan bahwa dari abu naik pohon mangga yang luar biasa. Dan ketika salah satu buah jatuh ke tanah, sang putri bereinkarnasi. Sang Raja juga mengakui sang putri sebagai pengantinnya sejak kelahiran sebelumnya dan pasangan itu bersatu kembali.

6. Menurut buku, 'A Historical Dictionary of Indian Food', mango grafting pertama kali digunakan oleh Portugis dan menghasilkan varietas terkenal seperti Frenandin. Orang Portugis yang suka laut begitu terpikat dengan mangga sehingga mereka mengambil buah dan bijinya dan memperkenalkannya ke banyak negara lain yang belum pernah mencicipi buah.

7. Patronase Mughal juga memainkan peran dalam pencangkokan mangga. Untuk waktu yang lama, itu diizinkan hanya di taman kerajaan, sampai Shah Jahan mengangkat pembatasan, mencatat buku 'A Historical Dictionary of Indian Food' oleh sejarawan makanan KT Achaya. Contoh awal pencangkokan mangga di pemerintahan Mughal menghasilkan varietas seperti Tota Puri, Rataul dan Kesar yang menyenangkan .

8. Dikatakan bahwa mangga adalah favorit kaisar Jehangir, yang pernah terkenal mengatakan, bahwa tidak ada buah-buahan di Kabul bisa cocok dengan rasa mangga yang sangat dicintainya.

9. Salah satu varietas mangga yang paling disukai; langda aam, diberi nama setelah petani lumpuh Varanasi, yang memperhatikan varietas yang tumbuh di halaman belakang rumahnya. Segera orang mulai mengacu pada berbagai mangga ini sebagai langdaam. Dalam bahasa Hindi, langda berarti lumpuh.

10. Di India Kuno, pohon mangga adalah simbol kemakmuran. Hsiun-Tsang, salah satu penulis yang paling awal perjalanan ke India kuno, disebutkan dalam kisahnya bagaimana para penguasa India kuno, menanam pohon mangga di sepanjang pinggir jalan sebagai simbol kemakmuran.

11. Penyair Persia terkenal, Amir Khusrau, dari abad ke-13, dijuluki mangga Naghza Tarin Mewa Hindustan, buah Hindustan yang paling cantik.

12. Selain India, mangga juga merupakan buah nasional India, Pakistan, dan Filipina.

Pulp, berair dan lezat, mangga adalah bintang sejati musim panas. Pastikan Anda merasakan sebanyak yang Anda bisa di musim ini.
Disqus Comments